Tentang Retograph

Pendahuluan

Media Massa (Mass Media) adalah channel, media/medium, saluran, sarana, atau alat yang dipergunakan dalam proses komunikasi massa, yakni komunikasi yang diarahkan kepada orang banyak (channel of mass communication). Komunikasi massa sendiri merupakan kependekan dari komunikasi melalui media massa (communicate with media).

 

Jenis-Jenis Media Massa
secara umum Media massa dapat diklasifikasikan dalam dua kategori yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak terdiri dari sumber bertulis seperti surat khabar, majalah, Koran, bulletin, jurnal, buku, novel, dan lainnya dan Media Elektronik yang terdiri dari  televisi, radio, internet, blog, dan sebagainya.

yang termasuk media massa terutama adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, dan film dan internet (cybermedia/media online).

Menurut beberapa pakar dan pengamat media massa di Indonesia, jenis media massa terdiri dari 3 bagian

  1. 1.    Media Massa Cetak (Printed Media). Media massa yang dicetak dalam lembaran kertas.
  2. 2.    Media Massa Elektronik (Electronic Media). Jenis media massa yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dan suara dengan menggunakan teknologi elektro, seperti radio, televisi, dan film.
  3. 3.     Media Online (Online Media, Cybermedia), yakni media massa yang dapat kita temukan di internet (situs web).

 

retograph.com dapat berfungsi sebagai media massa Elektronik dan juga media massa online. Hal ini dikarenakan retograph.com juga memuat berita yang berbentuk audio visual (TV Online) dan dapat diakses berulang kali karena sifat media massa yang menggunakan jaringan internet (situs web/online).

 

Media online adalah sebutan umum untuk sebuah bentuk media yang berbasis telekomunikasi dan multimedia (baca-komputer dan internet). Didalamnya terdapat portal, website (situs web), radio-online, TV-online, pers online, mail-online, dll, dengan karakteristik masing-masing sesuai dengan fasilitas yang memungkinkan user memanfaatkannya.

Salah satu desain media online yang paling umum diaplikasikan dalam praktik jurnalistik modern dewasa ini adalah berupa situs berita. Situs berita atau portal informasi sesuai dengan namanya merupakan pintu gerbang informasi yang memungkinkan pengakses informasi memperoleh aneka fitur fasilitas teknologi online dan berita didalamnya. Content-nya merupakan perpaduan layanan interaktif yang terkait informasi secara langsung, misalnya tanggapan langsung, pencarian artikel, forum diskusi, dll.

 

Pengertian Media Online

  1. Media online (online media) adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.
  2. Media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video.
  3. Media Online merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online –disebut juga cyber journalisme– didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet” (wikipedia).
  4. Secara teknis atau ”fisik”, media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, TV online, dan email.
  5. Isi media online terdiri: Teks, Visual/Gambar, Audio, dan Audio-Visual (Video)

 

Karakteristik Media Online

  1. Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
  2. Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  3. Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat.
  4. Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
  5. Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
  6. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
  7. Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
  8. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  9. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
  10.  Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.

 

Jurnalisme Online

  1. Kehadiran media online memunculkan ”generasi baru” jurnalistik, yakni jurnalisme online (online journalism) –disebut juga cyber journalism.
  2. Per definisi, jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website). Kamus bebas Wikipedia mendefinisikan jurnalisme online sebagai ”pelaporan fakta yang diproduksi dan disebarkan melalui internet” (reporting of facts produced and distributed via the Internet).
  3. Jurnalisme online adalah ”jurnalisme judul” karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline reader” atau ”lead reader” –perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan informasi tetap terjaga karena ada ”berita/tulisan terkait” (linkage).

 

Dalam era globalisasi ini internet merupakan media yang banyak berpengaruh dalam  media periklanan yang praktis, telah banyak keuntungan yang bisa diambil seperti publikasi yang meluas dan lebih menjanjikan dalam beriklan di internet seperti meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, melebarkan  jangkauan hingga kemancanegara.

 

www.retograph.com adalah website yang dikelola sejak Maret 2014 yang berisi tentang berita Sumatera Selatan dan sekitarnya, dan berita di dunia. Ditargetkan bagi semua kalangan baik muda dan tua, kaya maupun miskin, professional maupun amatiran.

 

www.retograph.com adalah sebuah situs BERITA ONLINE yang Berkantor pusat di Kabupaten Lahat, memuat berita peristiwa kehidupan di masyarakat dan  update setiap hari. Pada perkembangannya retograph.com  telah di sharing  kebeberapa jejaring sosial.

Materi Tulisan yang berada pada retograph.com mencakup berita lokal yaitu kabupaten lahat dan sekitarnya, nasional, indonesia dan dunia. Mulai dari megalith, pendidikan, kuliner, budaya, komunitas, sastra, teknologi, sains, dan lain lain. Dengan begitu  retograph.com sebagai media online yang sedang berkembang bisa bersaing dan menjadi yang terdepan khususnya di wilayah Kabupaten Lahat sebagai basis nya.

 

www.retograph.com dinaungi oleh PT. Retorika Inter Media dengan legalitas

Pengesahan Menteri Hukum Dan Ham Nomor AHU-27118.40.10.2014

SIUP Nomor : 503.2/03/SIUP/PK/BPPT&PMD/II/2015 NPWP 72.036.851.3-309.00

Nomor TDP 060414800003

beralamat di Jl. Sosial Gang Langgar No.102 Kel. Gunung Gajah Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Indonesia. Tlp : +6282181878740

Email : pinasti_2007@yahoo.co.id , redaksiretograph@yahoo.co.id

 

Penutup

Dengan visi misinya retograph dapat menjadi sebuah media masa online yang selalu menjunjung tinggi undang-undang pers dan kode etik jurnalistik.